Tags

, , ,

1471522Belajar Mengenal Hubungan Antara Fisika dengan Bidang Lainnya

Hai guys,..ketemu lagi ni ama aku hhehe,…hari ini nggak tau kenapa saya ingin ngebahas hubungan fisika dengan bidang lainnya,..perlu diketahui bahwa saya adalah mahasiswa pendidikan fisika hhehe :D. ok berikut artikelnya guys…keep enjoy 😀

Untuk waktu yang lama sains kurang lebih merupakan satu kesatuan yang dikenal sebagai filosofi alam. Baru pada satu atau dua abad yang lalulah perbedaan antara fisika dan kimia dan bahkan sains kehidupan menjadi jelas. Memang, perbedaan menyolok yang kita lihat sekarang antara seni dan sains juga baru berumur beberapa abad. Dengan demikian tidak mengherankan kalau perkembangan fisika telah mempengaruhi dan dipengaruhi bidang-bidang lainnya. Misalnya, catatan Leonardo da Vinci, artis Renaissance yang terkenal, peneliti, dan teknisi, berisi referensi-referensi pertama mengenai gaya yang bekerja dalam sebuah struktur, subjek yang kita namakan fisika; tetapipada saat itu, sepertijuga sekarang, hal tersebut berhubungan erat dengan arsitektur dan bangunan. Karya awal mengenai listrik yang berlanjut dengan penemuan baterai listrik dan arus listrik dibuat oleh seorang fisiologis abad ke-18, Luigi Galvani (1737-1798) M. Ia memperhatikan sentakan kaki katak yang merupakan respon terhadap percikan listrik, kemudian otot-otot tersebut kelihatan tersentak jika bersentuhan dengan dua logam yang tidak sama. Pertama kalinya, fenomena ini dikenal dengan “kelistrikan hewan”, tetapi tidak lama kemudian menjadi jelas bahwa arus listrik itu sendiri bisa ada walaupun hewannya tidak ada. Kemudian, pda tahun 1930 dan 1940-an, sejumlah ilmuwan yang dilatih sebagai fisikawan tertarik untuk menerapkan gagasan-gagasan dan teknik fisika pada masalah-masalah mikrobiologi. Di antaranya, yang paling menonjol adalah Max Delbruck (1906-1981) M dan Erwin Schrodinger (1887-1961) M. Mereka mengharapkan, di antaranya, mempelajari organisme biologi dapat berlanjut degan penemuan hukum-hukum fisika baru yang tak terduga. Sayangnya, harapan ini tidak tercapai; tetapi usaha mereka membantu munculnya bidang yang sekarang kita sebut biologi molekuler, yang telah menghasilkan kemajuan dramatis dalam pemahaman kita mengenai genetika dan struktur makhluk hidup.

P_physics_violet

Anda tidak perlu menjadi seorang ilmuwan peneliti, katakanlah, kedokteran atau biologi molekuler untuk bisa menggunakan fisika dalam pekerjaan anda. Seorang ahli zoologi, misalnya, dapat menyadari bahwa fisika berguna dalam memahami bagaimana anjing pada rumput dan hewan-hewan lainnya dapat hidup di bawah tanah tanpa sesak napas. Seorang terapis fisik dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih efektif jika ia paham akan prinsip pusat gravitasi dan cara kerja gaya-gaya dalam tubuh manusia. Pengetahuan tentang prinsip kerja peralatan optik dan elektronik bisa menolong dalam berbagai bidang. Ilmuwan kehidupan dan arsitek sama-sama akan tertarik dengan hilang dan datangnya panas pada manusia dan rasa nyaman dan tidak nyaman yang dihasilkannya. Arsitek sendiri mungkin tidak harus menghitung, misalnya, dimensi pipa pada sistem pemanas atau gaya-gaya yang terlibat pada suatu struktur tertentu untuk menentukan apakah struktur tersebut akan tetap berdiri. Tetapi asrsitek harus mengetahui prinsip-prinsip dibalik analisa ini agar ia dapat membuat rancangan yang realistis dan agar bisa berkomunikasi secara efektif dengan konsultan teknis dan spesialis lainnya. Dari sudut pandang aestetik atau psikologipun sang arsitek harus menyadari bahwa gaya-gaya yang terlibat pada suatu struktur karena ketidakstabilan, walaupun tidak pasti, dapat membuat orang-orang yang harus berada atau bekerja dalam bangunan tersebut merasa tidak nyaman. Memang, banyak dari ciri khas arsitektur yang kita kagumi selama tiga millenia terakhir ini diperkenalkan bukan dari segi efek dekoratifnya tetapi lebih kepada tujuan praktisnya. Pembuatan lengkungan sebagai cara untuk memperluas ruangan dan pada saat yang sama menopang beban yang berat, dimana kita akan melihat bahwa dekorasi melainkan suatub pengembangan teknologi yang sangat penting.

Cara-cara fisika berhubungan dengan bidang lain sangat penting. Karena banyak hal terapan yang memerlukan analisa fisika.

Ok gusy,…mudah-mudahan informasi ini sangat berguna yaa hhehe :D. So,..mulai dari sekarang stop untuk membenci fisika, karena ternyata fisika sangat berhubungan erat dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari :D. See you later guys….Cheers iup 😀